Senin, 14 Agustus 2017

Kisah haji 9 : orang tua renta yang dimampukan Allah

Kisah haji 9 : orang tua renta yang dimampukan Allah

kemenag-garansi-jamaah-calon-haji-berangkat-ke-tanah-suci-hKTCtSWMG4
Beberapa kali seorang ustadz membawa jemaah tua renta yang ketika latihan manasik haji sudah tidak bisa jalan. Mereka digandeng oleh anaknya atau oleh jamaah lain.
Beberapa jemaah yang lebih sehat bertanya kepada ustadz tentang orang yang tua renta tadi jika tiba di tanah suci nanti. Ustadz itu melihat bapak yang tua renta tadi sangat tawakal. Dia ikuti semua latihan manasik dengan tekun dan tawakal.
Karena itu, sang ustadz yang sudah berpengalaman berani mengatakan kepada jemaah tadi : ” Banyak pengalaman menunjukkan orang yang latihan manasiknya dituntun dan digandeng yang muda, ditanah suci terbalik. Dia yang menuntun dan menggandeng yang muda”.
Para jemaah yang mendengar itu heran dengan jawaban tersebut. Kemudian merekapun berangkat ke Mekah untuk haji. Di Mekah sudah teramat padat. Mereka melakukan umrah dalam suasana yang sangat padat. Ditengah umrah yang padat itu, bapak yang tua renta tadi lepas dan dinyatakan hilang.
Mendengar hal itu, sang ustadz pun agak gelisah dan mempercepat rangkaian thawaf dan segera mencari di sekitar sumur zamzam. Sementara itu, jamaah lain belum selesai thawaf. Keluar dari sumur zam zam, seseorang menepuk pundak sang ustadz dan berkata:’ Nak ini bapak ! Gimana tawaf bapak sah gak ?’ Karena bapak tadi terseret ke dinding ka’bah.” katanya bingung.
Ternyata bapak yang tua renta yang jalan saja tertatih tatih tadi, telah selesai lebih dulu dibanding jemaah lain yang sehat. Mereka oleh Allah di beri jalur khusus di pinggir kabah, sebuah jalur yang susah dilintasi, karena sangat padat.
(dari buku Ketawa sehat bareng ahli fiqih, Khaeron Sirin)
Wallahu a’lam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Makloon Jahit Bandung: Solusi Terbaik untuk Bisnis Fashionmu!

 Hello Sobat IDkonveksi! Apakah kamu memiliki bisnis fashion namun kesulitan dalam proses produksi? Apakah kamu membutuhkan bantuan untuk me...