Senin, 14 Agustus 2017

Kebaikan rumah yang selalu dibacakan ayat Al Quran

Kebaikan rumah yang selalu dibacakan ayat Al Quran

 ibu1
Saat ini banyak rumah dihiasi dengan lukisan kaligrafi asma Allah di pojok-pojok rumahnya. Hal ini baik sebagai identitas kalau penghuninya adalah Muslim. Namun demikian ada yang lebih baik untuk menghias dan memakmurkan rumah yaitu,
  • pertama penghuninya banyak menyebut Asma Allah dalam tiap kesempatan, atau penghuninya rajin membacakan Al Quran,
  • kedua, penghuninya rajin untuk melakukan shalat didalam rumah itu.
Perumpamaan rumah didalamnya disebut nama Allah atau yang dibacakan ayat Al Quran dan yang tidak adalah seperti perumpamaan orang yang hidup dan orang yang yang mati. Rumah yang tidak dibacakan Al Quran diumpamakan sebagai kuburan.
Dari Imam Qurthubi. Ath Thabari berkata: Perbanyaklah membaca Al Quran di rumah, karena sesungguhnya rumah yang yang didalamnya disebut nama Allah atau rumah yang didalamnya dibacakan Al Quran akan menjadi luas bagi penghuninya dan banyak kebaikannya, akan didatangi oleh para maikat dan setan akan lari meninggalkannya.
Selanjutnya disampaikan : Makmurkan rumah kalian dengan menyebut nama Allah dan jangan jadikan rumah kalian seperti kuburan sebagaimana dilakukan oleh orang-orang Yahudi dan Nasrani. Dan carilah balasan darinya dengan shalat kalian, sesungguhnya rumah yang didalamnya disebutkan nama Allah akan bercahaya bagi penduduk langit sebagaimana cahayanya bintang bagi penduduk bumi.
Sabda Nabi : Sinarilah rumah kalian dengan membaca Al Quran. Carilah balasan dari rumah kalian dengan shalat kalian. Janganlah kalian menjadikannya kuburan sebagaimana telah dilakukan oleh orang-orang Yahudi dan Nasrani. Sesungguhnya rumah yang didalamnya disebut nama Allah akan menyinari penduduk langit sebagaimana bintang menyinari penduduk bumi” (H R Abu Sufyan)
Selain dibacakan ayat suci Al Quran, hendaknya rumah juga mendapat bagian untuk dipakai shalat, walaupun keutamaan shalat itu dilakukan di masjid
Sabda Nabi : Apabila salah seorang diantara kalian mengerjakan shalat di masjidnya, maka hendaklah ia menjadikan rumahnya bagian untuk shalatnya. Sesungguhnya Allah menjadikan kebaikan didalam rumahnya karena shalatnya (H.R. Muslim)
Wallahu a’lam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Makloon Jahit Bandung: Solusi Terbaik untuk Bisnis Fashionmu!

 Hello Sobat IDkonveksi! Apakah kamu memiliki bisnis fashion namun kesulitan dalam proses produksi? Apakah kamu membutuhkan bantuan untuk me...