Kamis, 09 Agustus 2012

Download Novel misteri rumah tua pdf

Misteri Rumah Tua



 
Novel misteri rumah tua adalah sebuah novel yang menceritakan tentang sebuah rumah tua yang sudah lama tidk ada penghuninya.



By : Adi Satriawan
Novel : Mystery
File : 101 KB
Format : PDF













Download E_book Pelajaran mengenai Puasa, Tarawih dan Zakat




Dalam bulan ramadhan ini kami mempersenbahkan kepada anda tantang pelajaran-pelajaran penting dalam berpuasa, tarwih, dan zakat jika anda menginginkan E_book ini silahkan download saja Gratis kok.

Judul Asli: Lesson on Fasting, Taraweeh and Zakaat
Penulis: Syaikh Muhmmad bin Shalih Al-Utsaimin
Judul Terjemahan : Pelajaran mengenai Puasa, Tarawih dan Zakat
Alih Bahasa: Ummu Abdullah
Editor : Abu Hasanain Ainur Reza, Lc.
Desain Sampul : Ummu Zaidaan al-Atsariyyah




    Daftar Isi
1. Pelajaran Pertama: Hukum Puasa……………………………………………………… 1
2. Pelajaran Kedua: Hikmah dan Manfaat Berpuasa………………………………............ 3
3. Pelajaran Ketiga: Hukum Berpuasa bagi Orang yang Sakit dan Musafir............................ 5
4. Pelajaran Keempat: Hal-hal yang Membatalkan Puasa………………………................ 9
5. Pelajaran Kelima: Shalat Tarawih………………………………………………………12
6. Pelajaran Keenam: Zakat dan Manfaatnya……………………………………….....… 14
7. Pelajaran Ketujuh: Yang Berhak Menerima Zakat………………………………........... 19
8. Pelajaran kedepalan: Zakat Fitra……………………………………………………… 22




Rabu, 08 Agustus 2012

Syarat-syarat Ilmu Yang Dipilih para Pencari KEBENARAN


.
وينبغى لطالب العلم أن يختار من كل علم أحسنه وما يحتاج إليه فى أمر دينه فى الحال، ثم ما يحتاج إليه فى المآل.

Bagi pelajar, dalam masalah ilmu hendaklah memilih mana yang terbagus dan dibutuhkan dalam kehidupan agmanya pada waktu itu, lalu yang untuk waktu yang akan datang.

ويقدم علم التوحيد والمعرفة ويعرف الله تعالى بالدليل، فإن إيمان المقلد ـ وإن كان صحيحا عندنا ـ لكن يكون آثما بترك الإستدلال

Hendaknya lebih dahulu mempelajari ilmu tauhid, mengenali Alloh lengkap dengan dalilnya. Karena orang yang imannya hanya taklid sekalipun menurut pendapat kita sudah syah, adalah tetap berdosa karena ia tidak mau beristidlal dalam masalah ini.

ويختار العتيق دون المحدثات، قالوا: عليكم بالعتيق وإياكم بالمحدثات، وإياك أن تشتغل بهذا الجدال الذى ظهر بعد انقراض الأكابر من العلماء، فإنه يبعد عن الفقه ويضيع العمر ويورث الوحشة والعداوة، وهو من أشراط الساعة وارتفاع العلم والفقه،كذا ورد فى الحديث

Hendaknya pula memiluh ilmi-ilmu yang kuna, bukan yang baru lahir. Banyak ulama berkata : "Tekunilah ilmu lama, bukan yang baru saja ada." Awas, jangan sampai terkena pengaruh perbantahan yang tumbuh subur setelah habisnya ualama besar, sebab menjurus untuk menjauhkan pelajar dari mengenali fiqh, hanya menghabiskan usia dengan tanpa guna, menumbuhkan sikap anti-pati/buas dan gemar bermusuhan. Dan itulah termasuk tanda-tanda kiamat akan tiba serta lenyapnya fiqih dan pengetahuan-pengetahuan lain, demikianlah menurut hadits.


Syarat-syarat Guru Yang dipilih

أما اختيار الأستاذ: فينبغى أن يختارالأعلم والأورع والأسن، كما اختار أبو حنيفة، رحم الله عليه، حماد بن سليمان، بعد التأمل والتفكير،

Dalam memilih guru, hendaklah mengambil yang lebih alim, waro' dan juga lebih tua usianya. Sebagaimana Abu Hanifah setelah lebih dahulu memikir dan mempertimbangkan lebih lanjut, maka menentukan pilihannya kepada tuan Hammad Bin Abu Sulaiman.

، قال: وجدته شيخا وقورا حليما صبورا فى الأمور. وقال: ثبت عند حماد بن سليمان فنبت

Dalam hal ini dia berkata : "beliau saya kenal sebagai orang tua yang budi luhur, berdada lebar serta penyabar. Katanya lagi: saya mengabdi di pangkuan tuan Hammad Bin Abu Sulaiman, dan ternyata sayapun makin berkembang."




Bermusyawarah

وقال أبو حنيفة رحمة الله عليه: سمعت حكيما من حكماء سمرقند قال: إن واحدا من طلبة العلم شاورنى فى طلب العلم، وكان قد عزم على الذهاب إلى بخارى لطلب العلم

Abu Hanifah berkata : Saya mendengar salah seorang ahli hikmah Samarkand berkata: Ada salah seorang pelajar yang mengajakku bermusyawarah mengenai masalah-masalah mencari ilmu, sedang ia sendiri telah bermaksud ke Bochara untuk belajar disana.

وهكذا ينبغى أن يشاور فى كل أمر، فإن الله تعالى أمر رسوله عليه الصلاة والسلام بالمشاورة فى الأمور ولم يكن أحد أفطن منه، ومع ذلك أمر بالمشاورة، وكان يشاور أصحابه فى جميع الأمور حتى حوائج البيت. قال على كرم الله وجهه: ما هلك امرؤ عن مشورة

Demikianlah, maka seharusnya pelajar suka bermusyawarah dalam segala hal yang dihadapi. demikian, karena Allah Swt memerintahkan Rasulullah Saw. Agar memusyawarahkan segala halnya. Toh tiada orang lain yang lebih pintar dari beliau, dan masih diperintahkan musyawarah, hingga urusan-urusan rumah tangga beliau sendiri.

قيل: [الناس] رجل [تام] ونصف رجل، ولا شيئ فالرجل: من له رأي صائب ويشاور العقلاء، ونصف رجل: من له رأي صائب لكن لا يشاور، أو يشاور ولكن لا رأي له، ولا شيئ: من لا رأي له ولا يشاور. وقال جعفر الصادق لسفيان الثورى: شاور فى أمرك الذين يخشون الله تعالى

Ali ra berkata : "Tiada seorangpun yang rusak karena musyawarah", Ada dikatakan : "Satu orang utuh, setengah orang dan orang tak berarti. Orang utuh yaitu yang mempunyai pendapat benar juga mau bermusyawarah; sedang setengah orang yaitu yang mempunyai pendapat benar tetapi tidak mau bermusyawarah, atau turut bermusyawarah tetapi tidak mempunyai pendapat; dan orang yang tidak berarti adalah yang tidak mempunyai pendapat lagi pula tidak mau ikut musyawarah." Kepada Sufyan Ats-Tsuriy, Ja'far Ash-Shodik ra berkata:

"Musyawarahkan urusanmu dengan orang-orang yang bertaqwa kepada Alloh."

فطلب العلم من أعلى الأمور وأصعبها، فكانت المشاورة فيه أهم وأوجب.

Menuntut ilmu adalah perkara paling mulya, tetapi juga paling sulit. Karena itulah, musyawarah disi lebih penting dan diharuskan pelaksanaannya.

قال الحكيم رحمة الله عليه: إذا ذهبت إلى بخارى فلا تعجل فى الإختلاف إلى الأئمة وامكث شهرين حتى تتأمل وتختار أستاذا، فإنك إن ذهبت إلى عالم وبدأت بالسبق عنده فربما لا يعجبك درسه فتتركه فتذهب إلى آخر، فلا يبارك لك فى التعلم. فتأمل فى شهرين فى اختيار الأستاذ، وشاور حتى لا تحتاج إلى تركه والاعراض عنه فتثبت عنده حتى يكون تعلمك مباركا وتنتفع بعلمك كثيرا.

Al-Hakim berucap : "Jikalau engkau pergi ke Bochara, janganlah engkau ikut-ikut perselisihan para imam. Tenanglah lebih dulu selama dua bulan, guna mempertimbangkan dan memilih guru. Karena bisa juga engkau pergi kepada orang alim dan mulai belajar kepadanya, tiba-tiba pelajarannya tidak menarik dan tidak cocok untukmu, akhirnya belajarmupun tidak dapat berkah. Karena itu, pertimbangkanlah dahulu selama dua bulan untuk memilih gurumu itu, dan bermusyawarahlah agar tepat, serta tidak lagi ingin berpindah ataupun berpaling dari guru tersebut. Dengan begitu, engkau mendapat kemantapan belajar di situ, mendapat berkah dan banyak kemampaatan ilmu yang kamu peroleh."


Sabar dan Tabah Dalam Belajar


قيل: الشجاعة صبر ساعة. فينبغى أن يثبت ويصير على أستاذ وعلى كتاب حتى لا يتركه أبتر، وعلى فن حتى لا يشتغل بفن آخر قبل أن يتقن الأول، وعلى بلد حتى لا ينتقل إلى بلد آخر من غير ضرورة، فإن ذلك كله يفرق الأمور ويشغل القلوب ويضيع الأوقات ويؤذى المعلم.





قال النبى صلى الله عليه وسلم: كل مولود يولد على فطرة الإسلام، إلا أن أبواه يهودانه وينصرانه ويمجسانه. الحديث

Nabi saw bersabda : Semua bayi itu dilahirkan dalam keadaan kesucian islam, hanya kedua orang tuanyalah yang membuatnya jadi yahudi, nasrani, atau majusi.




TAUHID MENURUT PANDANGAN SYEIKH IMAM SANUSI DAN SYEIKH IBNU AL-'AROBI



(واعلم) ايها السالك الماشى على المقامات (ان علم التوحيد مطلوب) اى مهم جدا

بحيث لا رحصة في تقصيره وجهله كما قال الشيخ 

السنوسى وابن العربى لا يصح تقليده والمقلد كافر كتابي (قال الله تعالى) عزوجل من

قائل (فاعلم انه لا اله الا الله) هى كلمة النجاة 

وكلمة الإخلاص تنجى قائلها من عذاب الله تعالى وغضبه وتخلصه من رؤية غيره

حتى من رؤية نفسه (وهو مستلزم) اى مجزم 

جازما قطعيا به (مجزم جازما قطعيا به (لانتفاء الشرك) اى يجزم قائلها من نفي

الاشتراك الله تعالى عزوجل اما من الاشتراك المماثلة 

واﻟﻤﺠﺎنسة اواﻟﻤﺸﺎﺑﻬﺔ اواﻟﻤﻨﺎسبة اواﻟﻤﺸﺎكلة اواﻟﻤﻮازنة اواﻟﻤﻂﺎبقة

Kateahuilah wahai sang pencari jalan kebenaran(suluk) yang berjalan diatas beberapa maqomat (tingkatan) sesungguhnya Ilmu tauhid yang engkau harapkan itu sangatlah penting sekali karena dengan ilmu tauhid kalian tidak mengharapkan keringanan didalam Ringkasan kelalaian / kebodohan dalam masalah pengertian ilmu Tauhid ,seperti keterangan yang di jelaskan oleh Syeikh AsSanusiy dan Syeikh Ibnu al'arobi tidak di benarkan (SAH) tauhidnya seseorang yang masih taqlid (ikut-ikutan).

Adapun iman tauhidnya seseorang yang masih taqlid itu masih termasuk sebagian dari kafir (kafir kitabi) seperti firman alloh swt ketahuilah orang yang yang berkata sesungguhnya lafadz / ucapan (لا اله الا الله / tidak ada sesuatu yang wujud selain alloh) adalah kalimah pembebasan dan kalimah pembersihan yang di harapkan oleh yang mengucapkannya. adapun pembebasan dan pembersihan dari adzab alloh swt serta terbebas & bersih dari marahnya alloh swt serta membersihkan dari melihat sesuatu yang selain alloh swt. 

Sehingga Salik melihat hal yang sama pada diri sendiri yaitu ketetapan yang wajib bagi seorang memutus (tidak melihat selain allloh) dengan ilmu tauhid. karena dengan ilmu tauhid salik di harapkan bisa terlepas dari perangkap syirik (syirik jali & syrik khofi) adapun yang di maksud dengan kewajiban dalam pengucapan lafadz لا اله الا الله yaitu ketetapan dari meniadakan sesuatu yang selain alloh dan menetapkan hanya alloh semata yang wujud baik secara dzohir, bathin, awal & akhir.

Adapun yang di maksud dengan nafi dan itsbat ini adalah ketiadaan pandangan / pemikiran dari salik bahwasanya alloh itu bisa di sekutukan,di umpamakan, tersusun dari jinis (keadaan sesuatu) atau menyerupai pada sesuatu serta menempati proses pertimbangan pertimbangan yang mencocoki pada aqal atau pendangan Salik (mahluk) .

Menurut pandangan dan pengertian al-faqir dalam masalah ini 




  إذا كان وجود الله بسبب فكرة الإنسان فكان الله حديثًا، إذا كان الله حديثًا فكان مخلوقًا.

فأما عندي أن الله قديم، ولذالك لم يوجد شيئ . إنه قد خلق كل الشيء

ketika adanya alloh itu dengan sebab pemikiran Insan (mahluk) maka adanya alloh itu bersifat baru dan apabila adanya alloh itu bersifat baru maka adanya alloh itu sama seperti mahluk. adapun pandangan saya ini bahwasanya alloh itu bersifat qodim (dahulu) tanpa ada yang mendahului,awal tanpa ada yang mengawaliNya. dan keAdaan alloh itu tidak di dalam / diluarnya sesuatu tapi meliputi pada semua semesta raya ini (syai') dan sesungguhnya allohlah yang mengadakan semuanya ...

Seperti penjelasan syeikh ibnu 'athoillah 

 ما الواحد من إذا أشار وجد الحق أقرب إليه من إشارته، بل الواحد من لا إشارة

له لفنائه في وجوده وانطوائه في شهوده
.


Adapun orang tauhid adalah bukanlah orang yang ketika ia  isyarat (sinyal) pertemuannya dengan alloh, itu lebih dekat alloh baginya daripada isyaratnya. dan orang tauhid adalah orang yang memiliki tidak ada isyarat diri, karena  fana'nya Diri dalam Kenyataan-Nya serta hilang dalam keESAan alloh, dan menyiratkan dalam Penyaksikan-Nya semata.


وكل إشارة أشار بها الخلق إلى الحق فهي مردودة عليهم حتى يشيروا إلى الحق

بالحق وليس لهم إلى ذلك طري

===========(ooوالله اعلمoo)============= 

Selasa, 07 Agustus 2012

BAIT-BAIT SYAIR DALAM DALAILU ANNUBUWAH LIROSULILLAH SAW



آباؤه صلى الله عليه وسلم آمنة بنت وهب المؤمنة



أخرج أبو نعيم في دلائل النبوة بسند ضعيف من طريق الزهري عن أم سماعة بنت أبي رهم عن أمها قالت شهدت آمنة أم رسول الله صلى الله عليه وسلم في علتها التي ماتت فيها ومحمد غلام يفع له خمس سنين عند رأسها فنظرت إلى وجهه ثم قالت:



بارك فيك الله من غلام * يا ابن الذي من حرمة الحمام



نجا بعون الملك المنعام * فودى غداة الضرب بالسهام



بمائة من إبل سوام * أن صح ما أبصرت في المنام



فأنت مبعوث إلى الأنام * من عند ذي الجلال والإكرام



تبعث في الحل وفي الإحرام * تبعث بالتحقيق والإسلام



أم وأمة، السيدة آمنة أم النبي صلى الله عليها وسلم ورضي عنها



أُمٌّ وأُمَّةٌ، كتاب عن والدة سيدنا رسول الله صلى الله عليه وسلم ورضي الله عنها سيدتنا آمنة بنت وهب..







أم الأمهات السيدة آمنة بنت وهب أم النبي صلى الله عليه وسلم ورضي عنها



آمنة النور قصيدة الشيخ صلاح الدين القوصي: أم الأمهات السيدة آمنة بنت وهب أم النبي صلى الله عليه وسلم ورضي عنها



فى ذاك اليوم..جَرَى"حَمْلٌ"!! *** و البَرَكَةُ .. عَمَّتْ فى الكونِ



و الخلْقُ جميعا .. فى فرحٍ *** لِبزوغِ الرحمةِ .. للعينِ !!





إقرأ المزيد

...

ترجوه أُمَّتُهُ وتيـأسُ أُمُه **** حاشاهُ وهو بِبِرِّها يوصينا



الله شاءكِ أن تكوني فينا **** أمّاً لخيرِ المُرسَلين حنونا



فأختارَكِ المولى لحَمْلِ أمانةٍ **** فَخُلِقْتِ آمنةً و وَضَعْتِ أمينا



للهِ أحشاءٌ تَـوَسَّـدَ أحـمـدٌ **** جَنَباتِها فَحَنَّت عليه جنينا



يا من كسوتي الدهرَ أشرفَ حُلَّةٍ **** وجـعلْـتِ دُرّةَ تاجِـهِ الإثنينا



جَهِلوا مقامَكِ حين قالوا قولةً **** ولقد أساءوا في النبي ظنونا



ترجوه أُمَّتُهُ وتيـأسُ أُمُه !! **** حاشاهُ وهو بِبِرِّها يوصينا



ولسوف يعطيه الإله فهل ترى **** يرضى لآمنةٍ تذوقُ الهونا ؟!



الله أعلمُ حيثُ يجعل دينه **** ولقد رضينا دينَ إبنَكِ دينا



إن كان أشرف بقعةٍ تلك التي **** أضحى بها خيرُ الأنامِ دفينا



فَلِكَونها ضمَّت ذاتَ المصطفى **** لكن ببَطنِكِ كُوِّنَت تكوينا



يا أمّ خـيـر الـمُرسَـلـيـن وجـدّةَ **** الزهـراءِ أمطَرَكِ الحياءُ هَتونا



سَعِدَت بِكِ الأبواءُ حين نَزَلْتِها **** وتَعَطَّرَت عطراً وطابت طينا



فَتحنَّـني وتّعطَّـفـي وَلـَدَى **** النبي تشفَّعي فهو المشفَّعُ فينا



وتَلـَطَّـفي وتذكـري ذريةَ **** الزهراءِ فالجدّاتُ أكثرُ لينا



فَلَنا السعادةَ إن ذُكِرنا عنده **** أو إن سمعنا صوتَهُ يدعونا



لبيك يا خـيـرَ الأنـامِ وسـيـدَ **** الرُسْلِ الكرامِ وسرّنا المكنونا



يا من له الخُلُقُ العظيمُ سجيةً **** والعفو عندكَ ناله الراجونا



عفواً رسولَ الله إنّ حياءَنا **** مَنَع الكلام وهيبةً تعرونا



رحـمـاك إنّا قـد تخلّـفـنا بلا **** عذرٍ تركنا الفَرْضَ والمسنونا



فأستغـفِـر المولى لنا يا سيّدي **** وأطوي المسافةَ بيننا والهونا



أعطاكَ ربي رُتـبـةً لم يعـطِـها **** موسى ولا عيسى ولا هارونا



فأنظر بعين العطف وأرحم ذُلنا **** وأقبل شفاعةَ بنتَ وهبٍ فينا



يا رب صلِّ على النبي وآله **** ما قام حـادٍ أو تلا تاليـنا



وبحـقِّـه يا رب حقـق سُـؤلنا **** وأغفر لنا ولمن يقول آمينا



آآآمين



للشيخ عبد القادر الخرد رضي الله عنه

Senin, 06 Agustus 2012

Download gratis Buku 7 Keajaiban Rezeki versi pdf




Judul : 7 Keajaiban Rezeki
Pengarang : Ippho Santosa
Bahasa : Indonesia
Jumlah halaman : 155
Format : Pdf
File size : 12 MB

Buku keajaiban rezeki ini saya berikan kepada anda karena kebetulan link download ebookNya ada dan juga melainkan permintaan dari teman-teman blog ini.







Dan ini adalah daftar isi dari Ebook 7 Keajaiban Rezeki:
  •     Sidik Jari Kemenangan (Lingkar Diri)
  •     Sepasang Bidadari (Lingkar Keluarga)
  •     Golongan Kanan (Lingkar Diri)
  •     Simpul Pedagang (Lingkar Sesama)
  •     Perisai Langit (Lingkar Diri)
  •     Pembela Abadi (Lingkar Diri)
  •     Pelangi Ikhtiar (Lingkar Diri)
Dalam ebook ini, Ippho Santosa, seorang pakar otak kanan dan juga penulis buku bestseller(13 wasiat terlarang, 10 Jurus Terlarang, Marketing Is Bullshit dan Percepatan Rezeki dalam 40 hari dengan Otak Kanan) memberi motivasi/informasi berharga kepada kita bagaimana cara meraih kesuksesan dengan lebih cepat dengan pendekatan otak kanan dan sentuhan-sentuhan islam, entah itu untuk keuangan, kesehatan, hubungan, jodoh, karier, pekerjaan, bisnis, atau apa saja. Penasaran apa saja yang diajarkan dalam ebook ini? Berikut ini adalah beberapa pelajaran yang akan anda dapatkan dari Ebook 7 Keajaiban Rezeki :

  •     Mengasah otak kanan, kreativitas, imajinasi, dan intuisi
  •     Mengambil keputusan 1.000 kali lebih cepat, dengan otak kanan
  •     Mengendalikan Law of Attraction dan nasib, dengan otak kanan
  •     Melipatgandakan pengaruh dan go national 10 tahun lebih awal
  •     Menjual lebih banyak, lebih cepat, dan lebih mahal
  •     Memahami 19 amal yang melipatgandakan rezeki
  •     Menguasai pintu-pintu rezeki, dengan otak kanan

Silahkan download EbookNya (Gratis)




RISALAH HAKIKAT KEHIDUPAN TASAWUF

Kewajiban ibadah untuk hak rububiayah dan untuk hak syukur nikmat, dan para kekasih tidak pernah keluar dari batasan-batasan ubudiyah dan tidak terlepas pula meskipun dia selalu diberi nikmat.

فَعَلَيْهِ تَزْيِيْنَ لِظَاهِرِهِ الْجَلَى بِشَرِيْعَةٍ لِيَنُوْرَ قَلْبٍ مُجْتَلَا

وَتَزُوْلَ عَنْهُ ظُلْمَةً كَىْ يُمْكِنَا لِطَرِيْقَةٍ فِي قَلْبِهِ أَنْ تَنْزُلَا


“Maka hendaklah menghiasi pada dzohirnya yang jelas dengan syariat untuk supaya hati terang benderang, dan lepas darinya kegelapan, supaya memungkinkan thoriqot bisa memasuki hatinya.”
Jika thoriqot dan hakekat itu bertumpu pada syariat maka wajib bagi serorang salik (pejalan ruhani) untuk menghiasi dzohirnya dengan syariat itu, atau dalam kata lain syariat itu sebagai penerang hatinya dengan nur syariat (cahaya syariat) maka akan lepas daripadanya (dzulmatun) kegelapan ma'siat karena sesungguhnya maksiat itu kegelapan yang naik kepada hati sebagaimana ketaatan adalah cayaha yang naik kepada hati

وَلِكُلِّ وَاحِدٍ مِنْهُمْ طَرِيْقٌ مِنْ طُرُقٍ يَخْتَارُهُ فَيَكُوْنُ مَنْ ذاَ وَاصِلَا

masing-masing perkara manusia mempunyai jalan Tuhan (thoriqoh) yang di pilihnya dari salah satu jalan yang ada yang bisa mengantarkannya pada sisiNya (hadrotillah)

إِنَّ الطَّرِيْقَ شَرِيْعَةٌ وَ طَرِيْقَةٌ وَ حَقِيْقَةٌ فَاسْمَعْ لَهَا مَا مُثِلَا

“Sesungguhnya jalan (menuju Alloh) itu harus melalui syariat, thoriqot dan hakekat, maka hendakalah engkau mendengarkan hal-hal yang akan diperumpamakan berikut.”


فَشَرِيْعَةٌ كَسَفِيْنَةٍ وَطَرِيْقَةٌ كَاْلبَحْرِ ثُمَّ حَقِيْقَةٌ دَرُ غَلاَ

“Maka Syariat itu ibarat bahtera dan thoriqot itu ibarat lautan kemudian hakekat itu ibarat negri yang makmur (Mutiara).”

من رام درا للسفينة يركب ويغوص بحرا ثم درا حصلا

Barang siapa menginginkan Mutiara hendaklah menaiki bahtera dan menyelamlah kedalam samudra kemudian engkau akan mendapatkan mutiara itu .....

Maka tidaklah seseorang akan sampai kepada tempat tersebut, yang tidak lain adalah negri keabadian, melainkan menempuh perjalanan dengan melalui lautan samudra tersebut dan harus memakai kapal laut untuk menjangkaunya, permisalan ketiga komponen (syari'at, thoriqot dan hakekat) ialah ibarat pasangan yang tak terpisahkan satu sama lain, syariat ibarat kulit, tarekat ibarat inti (biji), hakekat ibarat minyak (yang terdapat di dalam kulit), tidak akan sampai kepada minyak tanpa melalui biji dan tidak sampai ke biji kecuali melalui kulit terlebih dahulu.


فَشَرِيْعَةٌ أَخْذُ بِدِيْنِ اْلخَالِقِ وَقِيَامُهُ بِاْلأَمْرِ وَالنَّهْىِ انْجِلَا

”Maka syariat itu adalah mengikuti agama Sang Pencipta dan mematuhi apa yang diperintah dan menjauhi apa yang dilarang dengan terbuka (tanpa pilah pilih).”

كَجُلُوْسٍ بَيْنَ اْلأَنَامِ مُرَبِّيًا وَكَكَثْرَةِ اْلأَوْرَادِ كَالصَّوْمِ وَالصَّلَا

وَكَخِدْمَةٍ لِلنَّاسِ وَالْحَمْلِ اْلخِطَبِ لِتَصَدُّقٍ بِمَحْصَلٍ مُتَمَوِّلَا

yaitu seperti duduk di antara manusia dengan mengajar, dan sepeti memperbanyak aurod yaitu mislanya puasa dan Sholat (sunnah), dan juga seperti khidmah (memabantu) kepada manusia dan seperti membawa kayu bakar untuk disedekahkan dengan hasil modal yang ia dapatkan.”

Imam Nawawi al-Jawi menyatakan bahwa hati itu ibarat raja, dan jasad serta segala anggota tubuh ibarat rakyatnya, hati ibarat bumi dan gerakan jasad adalah tumbuhan dan mata air serta kebun-kebun .......

Perjalanan Tujuh Tingkat Kesadaran Jiwa

Jiwa manusia berubah untuk mencari jati dirinya

1. Pemurnian Budi

Kesadaran jiwa manusia adalah sangat penting, kerena dengan kesadaran akan membawa dampak positif terhadap jiwa itu sendiri. Pada dasarnya manusia ini merindukan sebuah ketenangan jiwa ketentraman perasaan dan keindahan hidup, meskipun setiap orang itu tidak sama dalam mencintai ataupun menyenangi setiap perkara di dunia ini. Hidup penuh makna merupakan dambaan setiap individu.

2. Pemurnian Rasa

Jiwa selalu berada dalam hubungan dengan yang lainnya. Dalam hubungan itulah jiwa mengalami sisi terang dan bayang-bayangnya, antara mimpi dan kenyataan, antara dendam dan pengampunan, antara cinta dan kehilangan. Semua yang dirasakan jiwa sebagai letupan-letupan rasa hanyalah sebagian dari dirinya. Jiwa lebih besar dari perasaannya.

3. Pemurnian Hati

Hati yang bersih laksana cermin yang dibersihkan dari debu dan noda. Jika hati kita bersih maka hati dapat menembus dan memantulkan cahaya ilahi yang murni kedalam kesadaran jiwa kita akan keagungganNya, kehadiranNya. Mukasyafah dan Ma`rifatulloh ialah berada dalam hati yang murni.

4. Keheningan Jiwa

Hening berarti kosong. Kosong berarti penuh makna. Kita merangkai jeruji dan meyebutnya roda, tetapi maknanya ditentukan di ruang kosong tempat dia bergerak.Kita membentuk tanah liat menjadi periuk, mangkok dan gelas, akan tetapi maknanya ditemukan dalam kekosongan ruang yang tercipta. Kita melubang tembok Dan menyebutnya pintu atau jendela. Dan di lubang itulah maknanya ditemukan. Jiwa menjadi bening ketika melepaskan egonya dan membiarkan hidupnya diarahkan oleh hakikat makna sejati yaitu Alloh S.W.T,.

5. Kebebasan Batin

Kemerdekaan batin tercapai ketika jiwa mampu berkata: “Aku bebas dari rasa dendam, penderitaan, Kemarahan, dan rasa bersalah. Aku bebas dari rasa diriku adalah yang terpenting. Aku bebas dari rasa mengasihani diri. Aku bisa menertawakan diriku sendiri. Aku melihat kejenakaan kehidupan.

6. Pengorbanan Diri – Kedamaian Sejati

Pengorbanan diri karena cinta adalah jalan jiwa untuk menemukan kedamaian sejati. Jiwa tidak akan kehilangan apa-apa akan tetapi Justru akan mulai melihat kehadiran Allah dalam segala sesuatu. Jiwa menari dengan irama alam semesta. Dia tidak lagi berada di dalam dunia. Dunia yang berada dalam dirinya. Dalam hal kesadaran ini salah satu ulama sufi menyebutkan Fana’ dan baqa’.

7. Pencerahan

Inilah tingkat tertinggi dari kesadaran jiwa ketika jiwa bersatu dengan Yang Ilahi. Ketika mata jiwa dibuka dan menemukan bahwa dirinya mengatasi kehidupan, maut dan kematian, karena dirinya adalah roh murni, dari awal dan akan senantiasa demikian.
Pada tahap tertinggi jiwa manusia dia akan menemukan bahwa dalam setiap kegagalan sudah tersimpan keberhasilan, dalam setiap dosa sudah terkandung rahmat, dalam setiap derita sudah terpancar kemuliaan.

Selamat menjalani perubahan kesadaran ketingkat yang lebih tinggi. Semoga Alloh merahmati dan selalu membimbing kita ke jalan-Nya.

Makloon Jahit Bandung: Solusi Terbaik untuk Bisnis Fashionmu!

 Hello Sobat IDkonveksi! Apakah kamu memiliki bisnis fashion namun kesulitan dalam proses produksi? Apakah kamu membutuhkan bantuan untuk me...